Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Manfaat buah jambu biji

Share this history on :
Buah jambu biji memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Seperti tanin, quersetin, glikosida quersetin, flavanoid, minyak atsiri, asam ursolat, asam psiodiolat, asam kratogolat, asam ole anolat dan asam guajaverin. Selain itu buah jambu biji juga memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. kandungan lain dalam buah jambu biji adalah kalori, kalsium, hidrat arang, fosfor, zat besi, protein, lemak dan air.
Dilihat dari kandungannya yang cukup banyak, khasiat jambu biji akan kita dapatkan tentunya. Berikut adalah khasiat jambu biji yang mungkin saja belum banyak oramng mengetahuinya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengendalikan kolesterol dan tekanan darah. Hal ini karena jambu biji mengandung kalsium yang merupakan elektrolit penting untuk reaksi listrik dalam tubuh, termasuk juga untuk jantung.

2. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan beta karoten dalam jambu biji yang sangat tinggi memberikan khasiat jambu biji yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas penyebab penyakit kanker.

3. Mencegah sembelit

Khasiat jambu biji sangat baik untuk mencegah terjadinya sembelit, ini karena jambu biji mengandung serat pangan yang dapat mencegah berbagai penyakit degenerative, seperti kanker usus besar. Serat ini dapat larut dalam air sehingga membantu pengeluaran residu hasil produksi tubuh yang tidak bermanfaat melalui proses buang air besar.

4. Mencegah diare dan disentri

Khasiat jambu biji dapat membantu mengobati penyakit diare, ini karena jambu biji mengandung zat pengikat yang dapat membantu mengikat usus pada penderita diare. Khasiat jambi biji juga sangat baik untuk penyembuahn disentri, karena jambu biji memiliki kandungan zat alkaline alami, disinfektan dan anti bakteri yang membantu proses penyembuhan disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba dan mengurangi kadar lendir yang berlebih dalam usus. Kandungan vitamin C dan potassium karotenoid dalam jambu biji juga memberikan khasiat jambu biji yang membantu memperkuat sistem pencernaan dalam mengatasi bakteri-bakteri jahat tersebut.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat jambu biji dapat menurunkan kdar kolesterol yang berlebih dalam darah. Berdasarkan penelitian kandungan potassium dalam jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung yang teratur, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel dalam tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

6. Mengatasi batuk dan pilek

Khasiat jambu biji dapat mengatasi batuk dan pilek, menguranmgi lendir dan melonggarkan saluran pernafasan. Hal ini karena jambu biji memiliki kandungan zat gizi yang sangat tinggi seperti vitamin C, potassium dan besi. Kandungan vitamin C tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga melawan berbagai infeksi sehingga tubuh kita terjauh dari penyakit-penyakit seperti flu, batuk, demam dan lain-lain.

7. Perawatan kulit

Khasiat jambu biji sangat baik untuk mejaga kulit kita agar tetap sehat. Ini karena jambu biji sangat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga potassium yang sangat baik sebagai antioksidan sehingga kulit akan tetap sehat segar dan juga bebas dari noda. Kandungan antioksidan ini juga dapat menjauhkan kulit kita dari keriput dan penyakit kulit lain yang berbahaya lainnya.
Selain khasiat jambu biji yang tadi telah disebutkan, khasiat jmabu biji yang lainnya juga akan kita dapatkan, seperti mengatasi demam berdarah dengue (DBD), mencegah maag, mengobati luka, mencegah diabetes, sariawan dan ambeien.


sumber : berkasiat.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

2 comments:

Obat Batuk Kronis pada anak mengatakan...

ternyata manfaatnya banyak juga.. saya cuma tau untuk mencegah DBD, diare dan sembelit.. Selain itu rasanya juga enak

Keset Animasi mengatakan...

jadi pengen makan nih buat itap hari, he2

Posting Komentar