BAB 1
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Istilah kata pasar
dan pemasaran sering sekali dmana pun banyak di dengar dan kita jumpai.
Pasar menurut dalam arti sempit adalah suatu tempat pertemuan penjual
dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan jasa.
Disamping
adanya pasar ada juga pemasaran, pemasaran adalah salah satu kegiatan
dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai
ekonomi itu sendiri menetukan harga barang dan jasa.
Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah :
- produksi
- pemasaran
- konsumsi
Hubungan antara pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan karena semua berhubungan antara penjual dan pembeli.
1.2 Tujuan
- melihat perbandingan dari pengertian pasar
- mempelajari tentang pasar dan pasar
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pasar
Pengertian
pasar menurut dalam arti sempit pasar adalah tempat terjadinya
transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh
penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Definisi
pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang
mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serata
kemauan untuk membelanjakannya.
Syarat-syarat terjadinya pasar :
1. Ada tempat untuk berniaga
2. Ada barang dan jasa yang akan di perdagangkan
3. Terdapat penjual barang tertentu
4. Adanya pembeli barang
5. Adanya hubungan antara transaksi jual beli
Pengertian pasar secara khusus :
1. sebagai sarana distribusi
Dengan
adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun
tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen.
2. sebagai pembentuk harga
Dipasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
3. sebagai sarana promosi
Dengan
berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada
konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.
Contoh Pasar :
- Pasar Tradisional
- Pasar Modern
- Bursa kerja
- Bursa Efek
Pasar tradisional
merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan
adanya transaksi penjual dan pembeli secara langsung dan biasanya ada
proses tawar-menawar,bangunan biasanya terdiri dari kios atau gerai dan
dasarnya terbuka yang dinuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar .
Pasar Modern
tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini
penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung melainkan pembeli
meliht label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalm bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri atau dilayani pramuniaga .
Pasar menurut jenisnya :
1. pasar konsumsi
2. pasar factor produksi
pasar menurut jenis barang yang dijual ;
1. pasar menurut lokasi
2. pasar menurut hari
3. pasar menurut luas jangkauan
4. pasar daerah
5. pasar local
6. pasar nasional
7. pasr internasional
pasar menurut wujud :
1. pasar konkret
2. pasar abstrak
PENUTUP
Kesimpulan
Setelah
menyelesaikan seluruh isi makalah tentang pengertian pasar dan
pemasaran, saya menyimpulkan pasar adalah tempat untuk mempertemukan
penjual dan pembeli untuk transaksi jual beli bararang dan
jasa.sedangkan pemasaran adalah suatu proses kegiatan manusia untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan individu melalui proses pertukaran.
Saran
Tak
ada makhluk yang dapat sempurna didunia ini, begitu juga makalah ini,
kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan
penulisan di masa mendatang.
Daftar pustaka
0 comments:
Posting Komentar