Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Bagaimana Menghibur Temanmu Ketika merasa sedih

Share this history on :

Ada sebuah pepatah, teman yang sesungguhnya adalah orang yang mendekatimu di saat seluruh dunia menjauhimu. Ya, sahabat yang baik adalah orang yang ada untuk memberikan support di saat waktu sulit dan seseorang yang dapat diandalkan Namun seringkali, kamu bingung bagaimana untuk menenangkan dan menghibur temanmu itu. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat temanmu membutuhkan penghiburanmu:
1. Dengarkan dahulu
Dengarkan apa yang ia ceritakan, jangan memotong pembicaraannya sebelum ia selesai atau meminta pendapatmu. Fokuskan matamu pada dirinya dan jadilah pendengar yang aktif, saat temanmu berhenti sebentar dan melihat reaksimu, ulang apa yang baru saja ia katakan, tetapi dengan kata-katamu sendiri, untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan.
2. Mengatakan hal-hal yang positif
Puji hal-hal yang positif dari dirinya. Ungkapkan apa yang kamu kagumi dari temanmu itu. Buatlah ia berpikir kalau ia masih memiliki kelebihan-kelebihan dan sesuatu yang bisa disyukuri. Contoh: ketika ia baru putus dari pacarnya, kamu dapat menghiburnya dengan mengatakan “kamu masih punya keluarga dan teman yang peduli padamu” atau “kamu cakep / pintar kok, pasti nanti ada cowok/cewek lain yang bisa menghargai kelebihanmu itu
3. Biarkan ia melepas emosinya
Jika ia menangis atau mengungkapkan masalahnya dengan penuh emosi. Biarkan dirinya. Ia hanya ingin melepaskan semua beban pikirannya, jangan menekan mereka untuk menyelesaikan dengan cepat. Setelah ia puas dan merasa lega, maka giliranmu untuk berkata sesuatu.
4. Peluklah dirinya
Pelukan secara umum bisa menyalurkan energi positif seseorang kepada orang lain. Pelukan dapat membuat koneksi antara kamu dan temanmu. Ia akan dapat merasakan rasa cinta, peduli, dan simpatimu terhadap dirinya. Lakukan ini apabila kamu merasa pantas dan tidak membuat risih temanmu itu. (Kadang apabila temanmu itu lawan jenismu, bisa membuat dirinya merasa canggung)
5. Katakan bahwa kamu selalu mendukungnya
Katakan bahwa apapun kesalahan yang ia perbuat atau sesuatu yang ia alami, ia tetaplah temanmu. Kamu akan selalu ada untuknya, mendengarkan, dan membantu dirinya.
6. Tawarkan bantuan
Apabila kamu merasa bisa melakukan sesuatu secara nyata terhadap masalah temanmu. Tawarkan dirinya. Misalnya ketika ia baru saja dikeluarkan dari pekerjaannya, dan kamu memiliki suatu bisnis, kamu dapat mengajaknya untuk bekerja di tempatmu.
7. Ajaklah ia melakukan kegiatan yang ia suka
Setelah temanmu sudah merasa lega, kamu bisa mengajaknya untuk bermain, nonton bioskop, karaoke, pergi jalan-jalan ke mall atau apapun yang ia suka. Dengan melakukan hal yang ia suka, akan menjauhkan dia dari pikiran buruk dan menciptakan semangat baru pada dirinya.

Note:
1. Tidak usah cemas apabila kamu tidak bisa membantu menyelesaikan masalah temanmu. Kadang, ia sudah merasa senang mau didengarkan. Jangan memberikan saran yang kamu sendiri tidak yakin, karena dengan itu kamu hanya menyesatkan dirinya. Apabila ia setuju, kamu dapat mempertemukan dirinya dengan orang lain yang menurutmu bisa membantu dirinya
2. Jangan ceritakan masalahnya pada orang lain. Itu hanya akan membuat temanmu tidak mempercayai dirimu lagi
3. Kalau kamu melihat ia tampak lagi ada masalah, dan ketika kamu bertanya “kamu lagi ada masalah?” , ia tidak ingin menceritakan, jangan tekan ia terus dengan pertanyaan itu karena malah akan membuatnya merasa kesal. Kalau ia sudah benar-benar membutuhkan orang lain, pada akhirnya ia akan bercerita.
4. Hindari pembicaraan mengenai masalahmu sendiri. Meskipun masalahmu memiliki kesamaan dengan masalahnya. Kamu harus mengatakan hal-hal yang positif.
5. Saat ia bercerita, jangan mendengarkan dengan bahasa tubuh yang tampak ogah-ogahan atau malas-malasan


http://www.lovevirtue.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

3 comments:

lintas cerita dot com mengatakan...

mampir yah

Si Arif mengatakan...

wah ini baru bener,.,tapi sayang,.,kebanyakan saya yang punya masalah,.,bukan teman" saya

frankie mengatakan...

Thanks buat artikelnya.... ;-)

Posting Komentar